Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan...._Aristoteles, So biasakanlah selalu berfikir positif dan memetik hikmah dari setiap permasalahan ...Because Energi di dalam pikiran adalah esensi dari kehidupan ^_^ ^_^

Rabu, 01 Mei 2013

Cinta, Cintaku, Cinta Filsafat Sains

Tau gak apa arti dari FILSAFAT...... ??? Oke... malam ini,, aku lagi belajar FILSAFAT SAINS..... ada yang bilang filsafat itu adalah mata kuliah Kepo...kenapa... ??? karena kita diajarkan untuk cari tau serta pemecahan masalah nya.. :) contohnya : " Kenapa ya bakso itu bulat ? kenapa ya kok lebah menghasilkan madu ? kenapa ya kok kita di bumi yang bulat dan berotasi tapi kita tidak merasa doyong atau melayaaaang ??? kenapa dan kenapa.. ??? :)

FILSAFAT SAINS.... ^_^
Oke sobat Fisika Aik, menurut buku yang saya baca Filsafat adalah ilmu tanpa batas. ( Drs.H.Mohamad Adip.M. Filsafat Ilmu. hlm.16). SETUJU banget,, karena kita ditntut untuk memikirkan sesuatu yang justru kebanyakan orang menganggap itu gak penting dan gak perlu untuk dipikirkan . Filsafat tidak menyelidiki salah satu dari kenyataan saja melainkan apa-apa yang menarik perhatian manusia. Nah kalo menurut buku yang saya baca lagi ni, Filsafat itu berasal dari bahasa Yunani yang punya arti " cinta akan hikmat" atau " cinta akan pengetahuan ". CINTA.... yang aku jadikan kata kunci untuk mengingat adalah kata-kata CINTA ^_^ ( biar mudah ngafal n pahaminnya maksutnya ) He'eeeeeeeeh,,, Cinta, ketika kita jatuh cinta pun itu sudah dapat disebut berfilsafat..... karena kita akan terus-terusan KEPO kepada apa yang kita cintai. Rasa ingin tahu tentang si dia besar sekali... kemudian kita akan melakukan yang namanya penyelidikan.... :)

" siapa dia ? dimana rumahnya ? " dll

Hingga akhirnya , timbul pepatah " Tak kenal maka Ta'arufan " ^_^

Hemmmz.... berarti bener ya kalo FILSAFAT itu mata kuliah kepo.. karena pasti orang-orang yang suka berfilsafat itu didorong oleh rasa keheranan... ( kalo menurut saya si) contohnya ,,, heran,,, " kenapa ya kok orang ini bikin baksonya bulat kenapa gak kotak ? kenapa ya kok mobil itu bisa jalan,? kenapa ya langit warnanya biru ? " pertanyaan-pertanyaan kepo lainnya. Terus kalo udah HERAN maka seorang filsuf akan melakukan kesangsian. ( tau apa itu kesangsian kan ? hahhay). ya semacam pembuktian sebagai sumber utama pemikiran. Kata dosen, yang kaya gitu namanya sikap SKEPTIS ( penyelidikan ). Gunanya untuk suatu titik pangkal yaqng berfungsi sebagai dasar untuk semua ilmu pengetahuan lebih lanjut.  Kalo udah melakukan kesangsian pasti mulai ada rasa Kesadaran, lohhh ??? kok bisa ???ya iya.. dengan kita berfilsafat pasti kita akan merasa " Betapa kecil dan lemahnya kita ya dibandingkan dengan alam semesta yang ada di sekeliling kita".



Filsafat... ??? lagi- lagi bahas pengertian filsafat untuk pemantapan. Filsafat adalah mencintai kebijaksaan.Filsafat merupakan induk dari segala ilmu. pada dasarnya, filsafat merupakan sebuah cara berfikir yang radikaldan menyeluruh, yaitu cara berfikir yang mengupas sedalam-dalamnya.

Bagaimana ya karakteristik  pemikiran kefilsafatan...... ????

pertanyaanku dijawab oleh buku Filsafat Ilmu karangan Drs. H. Mohammad Adip.  Dalam bukunya dituliskan beberapa ciri-ciri pemikiran kefilsafatan :

1. Pemikiran yang bebas dan sebebas-bebasnya.
     artinya, berfilsafat berarti melakukan pemikiran yang sebebas-bebasnya sebagai lawan dari otoriterisme, kepercayaan, agama ideologi, dan pemikiran yang tertutup.Dengan filsafat, kita memiliki peluang untuk mengembangkan kebebasan berfikir yang selua-luasnya tanpa bataas.

2. Pemikiran yang rasional dan kritis.
3.  Pemikiran yang esensial.
4. Pemikiran yang abstrak.
5. Pemikiran yang radikal.
6. Pemikiran yang hollistic.
7. Pemikiran yang kontinu
8. pemikiran yang sistemati.
9. Pemikiran spekulatif

maaf ya gak tak jabarin semua.... belajar poin-poinnya aja dulu :)


FILSAFAT dan PENGETAHUAN

Apa itu pengetahuan ?
Apa itu Ilmu?
yang saya ingat , kemaren dosen saya yang paling cantik mengatakan , " Beda ya antara ilmu dan pengetahuan, kalau ilmu itu ada dasarnya, sistematik sedangkan pengetahuan itu didapat dari pengalaman, baik pengalaman pribadi, ataupun pengalaman orang lain. "

Menurut buku yang saya baca, Ilmu merupakan perkataan yang memiliki makna ganda, artinya mengandung lebih dari satu arti. sering kali ilmu dikatakn pengetahuan tapi tidak semua pengetahuan dikatakan ilmu. Menurut John. George Kemeny  menggunakan ilmu dalam arti semua pengetahuan yang dihimpun dengan perantara metode ilmiah.

Jadi apa itu ilmu ???? Sup buah kah ?? hehehehe
Baiklah, dari sekian yang saya baca, dapat disimpulkan bahwa ilmu adalah Kumpulan pengetahuan yang disusun secara sistematis, konsisten, dan kebenarannya telah teruji secara empiris. Jadi syarat ilmu itu objektif,metodis, sistematis, dan universal.

Terus apa pengetahuan ?
Penge_TAHU_an , garis bawahi kata TAHU. kalo pengetahuan itu adalah hasil dari tahu kita, ngerti gak ??? harus ngerti !!! #maksa
Manusia mendapat pengetahuan dari pengalaman, baik pengalaman sendiri maupun orang lain, yaitu persentuhan antara objek alam dengan indera manusia.

Berfilsafat itu mudah.... kita hanya harus bertanya dan bertanya . Mempertanyakan segala sesuatu secara mendasar hingga ke akar.

FILSAFAT dan ILMU

Filsafat dan Ilmu yang dikenal di dunia Barat berasal dari zaman Yunani Kuno.  Filsafat dan ilmu adalah dua kata yang saling berkaitan baik secara substansial,maupun historis. The Lieng Gie mendifinisikan bahwa filsafat ilmu adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi kehidupan manusia.

Jadi, Filsafat ilmu adalah segenap pemikiran yang reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasn ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusiadengan tujuan untuk mencari kejelasan mengenai dasar-dasr konsep , dan postulat mengenai ilmu.

Filsafat membahas segala aspek hubungan manusia.sedangkan ilmu hanya dapat maju apabila masyarakat dan peradaban berkembang.
Filsafat mengantarkan manusia untuk lebih jernih berfikir , mendasr , dan bijaksana dalam berfikir, bersikap, berkata, dan mengambil keputusan.


0 komentar:

Posting Komentar