Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan...._Aristoteles, So biasakanlah selalu berfikir positif dan memetik hikmah dari setiap permasalahan ...Because Energi di dalam pikiran adalah esensi dari kehidupan ^_^ ^_^

Sabtu, 04 Mei 2013

Memasukkan Telur Dalam Botol


Memasukan Telur dalam Botol
A.  Tujuan Percobaan
Memasukan dan mengeluarkan telur dalam botol

B.  Dasar teori
Pada prinsipnya, tekanan udara sama seperti tekanan pada zat cair. Tekanan udara di puncak gunung akan berbeda dengan tekanan udara di pantai. Hal ini dikarenakan di puncak gunung jumlah partikel udaranya semakin kecil yang mengakibatkan gaya gravitasi partikel juga kecil, sehingga tekanan udaranya pun akan semakin kecil. Tekanan udara didefinisikan sebagai gaya per satuan luas yang bekerja pada suatu bidang oleh gaya berat kolom udara yang berada di atasnya.
C.  Alat dan Bahan
a.    Botol
b.    1 butir telur ayam yang telah direbus dan dikupas kulitnya
c.    Beberapa lembar kertas
d.   Korek api
e.    Beberapa butir dry ice ( biang es )

D.  Langkah Percobaan
a.    Memasukan telur dalam botol
1.    Menyiapkan botol dan telur yang akkan digunakn
2.    Membakar selembar kertas kemudian memasukannya kedalam botol
3.    Segera letakan telur di atas mulut botol saat api masih menyala
4.    Memberikan sedikit tekan pada telur, dimaksudkan agar botol terisolasi dari udara luar
5.    Diamkan bebrapa saat, maka telur perlahan-lahan akan masuk dalam botol.

b.    Mengeluarkan telur dari dalam botol
1.    Memasukan beberapa butir dry ice ke dalam botol
2.    Membalikan botol sehingga telur terletak dalam mulut botol bagian dalam, jangan samapai dry ice ada yang keluar
3.    Menjaga agar dry ice tidak terlalu lama menyentuh telur, mendiamkan beberapa saat sampai telur keluar seeluruhnya dari dalam botol.

E.  Pembahasan
Pada percobaan kali ini bertujuan untuk mengetahui teori secara fisika yang digunakan dalam percobaan memasukkan dan mengeluarkan telur rebus didalam mulut botol. Langkah awal yang dilakukan adalah memasukkan bakaran kertas ke dalam sebuah botol yang telah disediakan, kemudian menaruh telur rebus yang telah dikupas diatas mulut boto.seperti yang terlihat pada gambar :




Tunggu beberapa menit kemudian, kami pun mengamati apa yang terjadi setelah itu. Setelah dilakukan pengamatan, diperoleh hasil bahwa telur yang ada di atas mulut botol perlahan-lahan akan masuk ke dalam botol. Seperti gambar di bawah ini :

Hal tersebut dikarenakan nyala api dapat terjadi  jika ada dalam jumlah yang cukup oksigen di udara. Pada proses pembakaran ini akan menghabiskan sejumlah mol oksigen sesuai jumlah yang diperlukan dalam pembakaran. Ketika kertas di bakar kemudian di masukan ke dalam botol, api terus membakar dengan oksigen bereaksi dengan kertas. Seiring waktu jumlah oksigen dalam botol akan habis.
Sebagaimana diketahui bahwa jumlah mol zat yang bereaksi sebanding dengan tekanan.
PV=nRT
Ketika jumlah mol oksigen dalam botol berkurang, tekanan dalam botol akan turun. Hal ini menyebabkan tekanan udara yang ada di luar botol lebih besar di banding tekanan udara yang ada di dalam botol. Karena hal inilah telur masuk ke dalam botol padahal mulut botol lebih kecil dari telur.
Setelah memasukan telur dalam botol tentu kita perlu mengeluarkanya dari dalam botol yaitu dengan cara meningkatkan tekan didalam botol lebih besar dari pada tekanan luar. Dengan memasukan dry ice dalam botol dapat meningkatkan tekanan dalam botol. Sebagaimana diketahui bahwabahan baku pembuat dry ice adalah gas yang di padatkan, maka dalam suhu kamar dry ice akan lebur dan menghasilkan gas. Gas ini yang digunakan untuk mengeluarkan telur dalam botol.



A.  Kesimpulan
Dalam percobaan diatas dapat disimpulkan bahwa:
1.    Tekanan udara didefinisikan sebagai gaya per satuan luas yang bekerja pada suatu bidang oleh gaya berat kolom udara yang berada di atasnya.
2.    Memasukan telur dalam botol dapat terjadi karena tekanan udara yang ada di luar botol lebih besar di banding tekanan udara yang ada di dalam botol hal ini dapat memicu telur masuk ke dalam botol.
3.    Mengeluarkan telur dalam botol dapat dilakukan dengan cara meningkatkan tekan didalam botol lebih besar dari pada tekanan luar dengan memasukan dry ice dalam botol, dalam suhu kamar dry ice akan lebur dan menghasilkan gas. Gas ini yang digunakan untuk mengeluarkan telur dalam botol.



0 komentar:

Posting Komentar