Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan...._Aristoteles, So biasakanlah selalu berfikir positif dan memetik hikmah dari setiap permasalahan ...Because Energi di dalam pikiran adalah esensi dari kehidupan ^_^ ^_^

Rabu, 01 Mei 2013

Sekedar Mengulang Materi Filsafat

 FILSAFAT ^_^ Mengulang kembali apa yang sudah dipelajari tadi malam, mengulang hafalan dan memahami kembali... caraku menghafal seperti ini sobat, dengan cara membacanya, memahaminya, mengulangnya dengan gaya bahasaku sendiri kemudian ku tuliskan .... ^_^ Gak harus sama persis apa yang ada dalam buku atau sama persis yang diberikan dosen, tapi berusahalah mengemas dengan gaya bahasmu sendiri agar mudah untuk kita memahaminya ^_^
Pagi yang cerah dan penuh senyum semangat  ini ku expresikan sebebas-bebasnya untuk ber_FILSAFAT.... ^_^

Cukup menarik sekali ketika membaca kutipan yang diungkapkan dalam sajak kuno :

Aku datang  _ entah darimana
Aku ini _ entah siapa
Aku pergi _ entah kemana
Aku akan mati _ entah kemana
Aku heran bahwa aku bergembira
 (Mohamad Adip dalam bukunya " Filsafat dan Ilmu" hlm 15 )

Pertanyaan tentang asal dan tujuan, tentang hidup dan mati, tentang hakekat manusia tak terjawab oleh ilmu pengetahuan dan mungkin juga tidak akan pernah terjawab oleh filsafat. Namun,  Bukankah filsafat adalah tempat dimana pertanyaan- pertanyaan dikumpulkan dan diteruskan ??? ^_^ terus? gimana /
Yup.. filsafat adalah suatu ilmu tanpa batas. Filsafat tidak menyelidiki salah satu dari kenyataan saja melainkan apa-apa yang menarik perhatian manusia.

Perbedaan Filsafat dan Ilmu Pengetahuan 


  • filsafat adalah pengetahuan metodis, sistematis, dan koheren tentang seluruh kenyataan 
  • ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan metodis, sistematis, dan koheren ( bertalian) tentang suatu bidang tertentu dari kenyataan.
Mau ngulang lagi....

Filsafat berasal dari bahasa Yunani dari kata PHILOSHOPIA , Philos dan Shopia. Philos  artinya CINTA. Kemudian Shopia  artinya  Kebenaran /kebijaksanan/hikmat.... ^_^  Jadi dapat disimpulkan apa ??? Hemmmzz.... filsafat adalah cinta akan kebenaran atau kebijaksanaan. Filsafat juga dikatakan induk dari segala ilmu. Bisa juga seperti ini, Filsafat artinya Ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakekat kebenaran dengan sedalam-dalamnya, berfikir secara radikal sampai keakarnya, berfikir sedalam-dalamnya tanpa batasan bidang tertentu akan tetapi mencakup semua aspek. Artinya begini, Filsafat itu dapat menghantarkan manusia untuk lebih jernih, bijaksana, dalam berfikir, bersikap, berkata dan menanggapi masalah yang ada.

Apa bedanya Ilmu, Pengetahuan, dan Filsafat ??? ^_^

Ilmu
sifatnya tuh Pasteriori, diingat lagi ya ... sifatnya PASTERIORI........ oke ???? PASTERIORI................PASTERIORI..................PASTERIORI.................PASTERIORI !!!!!!!!!!!!

pasteriori
 artinya kesimpulan ditarik setelah melakukan eksperimen, atau percobaan , atau pengujian terlebih dahulu.artinya ilmu ini sifatnya metodis, sistemartis, objektif, sama universal.

Naaahhhh... kalau Filsafat sifatnya PRIORI..... inget ya PRIORI!!!!!!!! artinya kesimpulan tidak diambil dari pengujian atau pengamatan terlebih dulu, melainkan melalui perenungan atau pemikiran yang mendalam,

Baiklah sekarang PENGETAHUAN, yang perlu digaris bawahi kata dasarnya saja sebagai kata kunci,,, yaitu apa ?????

yuuupz bener banget,,,, TAHU!!!!!!!! pengetahuan artinya didapat dari tahu kita, ya sekedar tahu aja gitu lho,,, tanpa ada dasar yang teoritis... pengetahuan didapat dari pengalaman , bisa pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain. Pengetahuan adalah  kemampuan manusia seperti pikiran, perasaan, pengalaman, pengamatan dan intuisi yang mampu menangkap alam dan kehidupannya serta mampu mengabstraksikannya untuk mencapai tujuan.

Apa lagi ya ,,,, yang udah tak hafalin,,, ^_^

#mikir...........

Ohwh.... iya......
# senyum mringis

Ini ni, tentang bagaimana ciri berfikir filsafat????

  1. Radikal,, ih wow,,,,, kita dituntut untuk berfikir radikal,,, bisa jadi kaya orang gila gak ya,,, hehhehe... Oke.... Radikal, berfikir radikal sampai ke akar permasalahannya. berfikir sedalam-dalamnya tanpa batas.
  2. Universal, yup... setuju!!! jadi seorang filsuf itu berfikir secara universal , artinya menyeluruh, tanpa batasan pada bagian tertentu akan tetapi tetap mencakup semua aspek.
  3. Spekulatif..... baru denger kata ini jadi agak susah aku mahaminnya, mungkin seperti ini yaa... ehmzzz...berfikir secara sistematis terhadap segala sesuatu yang ada, yang dilandaskan teori terhadap kebenaran yang perlu pengujian untuk pembuktian terhadap sesuatu pernyataan.
ada lagi ni,,,,, Apa yang disebut dengan manusia filosofis ????

Manusia Filosofis adalah manusia yang memiliki jiwa kesadaran diri dan akal , sebagaimana ia juga memiliki jiwa yang independen dan spiritual. jiwa independen artinya dapat bebas ,, berfikir bebas terhadap segala sesuatunya atau berjiwa mandiri ( bukan mandi sendiri loh ya,,,, ), kemudian jiwa spiritual adalah dimana manusia memiliki pengolahan jiwa  yang melingkupi pada proses cipta, rasa , dan karsa.. ^_^


Cabang-cabang  Filsafat

  1. Logika ( hal yang benar dan salah )
  2. Etika ( hal yang baik dan buruk )
  3. Estetika ( hal yang indah dan jelek )
  4. Metafisika  (hakekat  keberadaan zat, pikiran, dan kaintannya )
  5. Politik ( organisasi yang ideal )
Logika .... logika adalah suatu pertimbangan akal atau pikiran yang dinytatakan dalam bahasa ( menurut buku Filsafat ilmu )

Etika adalah watak atau kebiasaan , kelakuan atau perbuatan yang baik. cabang Filsafat yang berbicara tentang kesusilaan atau moral.

Estetika....  adalah cabang filsafat yang membahas tentang seni dan keindahan.

Metafisika..... artinya sesudah fisika. jadi metafisika adalah suatu pembahasan filsafat yang komprehensif mengenai seluruh realitas atau tentang segala sesuatu yang ada.

Politik apa ya... ????? bisa jadi politik adalah cabang filsafat yang berbicara tentang bagaiman menjadi aktifis atau cara berorganisasi yang ideal dan dapat diterima oleh masyarakat. ^_^



udah itu aja hafalnya,,,, semoga ujian hari ini " FILSAFAT SAINS" dapan maksimal,,,,, kata nya filsafat dituntut untuk berfikir radikal dan sedalam-dalamnya sampai akar permasalahannya. nah semoga ya Allah... nanti aku bisa memaksimalkan otak ini untuk berfikir sedalam-dalamnya untuk menjawab soal yang diberikan dosen.... ^_^ aamiin 


Bismillah...... semoga lancar and finally...... SUKSES!!!!!!!!!!!!! aamiin 



0 komentar:

Posting Komentar