Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan...._Aristoteles, So biasakanlah selalu berfikir positif dan memetik hikmah dari setiap permasalahan ...Because Energi di dalam pikiran adalah esensi dari kehidupan ^_^ ^_^

Rabu, 29 Mei 2013

PEMANTULAN CAHAYA

Halo Sahabat Fisika…. !!!
Sudah lama rasanya saya ngga nulis tentang pelajaran fisika ya…, nah kali ini saya akan mencoba menulis salah satu materi pelajaran fisika yaitu PEMANTULAN CAHAYA. semoga materi yang saya tulis kali ini bisa membantu sahabat fisika yang membutuhkannya.
Nah…sekarang mari kita mulai melihat tentang pemantulan cahaya itu, ya… !!!
Sebenarnya Apa yang disebut dengan pentulan cahaya itu ya… ?
Sebelum membahas tentang apa itu yang disebut pemantulan cahaya, ada baiknya kita lihat dulu pengertian cahaya dahulu ya, Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang merambat lurus ke segala arah dengan kecepatan 3 x 10^8 m/s.
Cahaya akan dipantulkan jika pada saat merambat terhalang oleh benda yang tidak dapat ditembusnya.
Pemantulan cahaya dapat diartikan sebagai peristiwa berbaliknya arah rambatan cahaya jika cahaya mengenai benda yang tidak dapat dilaluinya
Gambar 1.1 

Peristiwa pemantulan cahaya dapat dibedakan menjadi pemantulan baur (acak) dan pemantulan teratur. pemantulan baur terjadi karena cahaya mengenai permukaan benda kasar yang tidak dapat dilaluinya. sedangkan pemantulan teratur adalah pemantulan yang terjadi akibat cahaya yang sedang merambat terhalang oleh benda rata yang tidak dapat dilaluinya.
Gambar 1.2 pemantulan teratur

Gambar 1.3 Pemantulan difus/baur


Gambar 1.4



Untuk gambaran kedua macam pemantualan diatas kamu bisa lihat animasinya dibawah ini yaa… !!!

Oke sip,,,sedikit tentang Pemantulan Cahaaya , semoga bermanfaat... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar