Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan...._Aristoteles, So biasakanlah selalu berfikir positif dan memetik hikmah dari setiap permasalahan ...Because Energi di dalam pikiran adalah esensi dari kehidupan ^_^ ^_^

Sabtu, 04 Mei 2013

Membuat Thermometer Sederhana


Membuat Termometer Sederhana
A.  Tujuan Percobaan
Membuat termometer sederhana
B.  Dasar teori
Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa.
Biasanya termometer terdapat di rumah sakit atau di laboratorium, tetapi bisa membuat termometer sendiri dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumah serta dalam kehidupan sehari-hari.

C.  Alat dan Bahan
a.    Air atau alkohol
b.    Pewarna
c.    Botol
d.   Sedotan bening
e.    Malam/plastisin/tanah liat
Gambar alat dan bahan :


A.  Langkah Percobaan
1.   Menuangkan sedikit air yang telah diberi warna ke dalam botol
2.   Memasukan sedotan sehingga menyentuh permukaan air dalam botol
3.   Menutup dengan rapat-rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan plastisin atau tanah liat sehingga tidak ada udara yang bisa masuk
4.   Menggosok dengan tangan botol tersebut atau tempelkan kain hangat pada botol dan jika diperhatikan baik-baik air dalam sedotan akan mulai naik.
                                             

B.  Pembahasan
Dalam percobaan ini membahas tentang cara membuat thermometer sederhana dengan bahan air alcohol, pewarna, botol, sedotan, dan yang terakhir adalah lilin wash atau plastisin.Dengan tujuan agar mahasiswa dapat membuat thermometer sederhana dengan kreatifitas masing-masing. Langkah awal yang dilakukan adalah menuangkan sedikit air yang telah diberi warna ke dalam botol, kemudian memasukkan sedotan minuman hingga menyentuh permukaan air dalam botol lalu menutupnya dengan rapat-rapat sekeliling ujung lubang leher botol dengan plastisin sehingga tidak ada udara yang masuk.seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Setelah itu kami menggosokkan dengan tangan botol tersebut atau dengan cara menempelkan kain hangat pada botol. Langkah selanjutnya ialah mengamati apa yang terjadi.
Setelah melakukan percobaan diperoleh hasil bahwa larutan akan mengembang bila di panaskan, hal ini membuat larutan tidak cukup ruang di dasar botol. Ketika alkohol mengembang, cairan warna bergerak naik melalui sedotan. Jika botol dalam keadaan sangat panas, kemungkinan cairan akan naik ke atas dan tumpah melalui ujung sedotan.

A.  Kesimpulan
Dari percobaan di atas dapat disimpulkan bahwa:
1.    Termometer merupakan adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu.
2.    Larutan akan mengembang bila di panaskan.





5 komentar:

Anon mengatakan...

izin save

andriantri mengatakan...

kak ,, bila botol kacanya digganti botol aqua bisa ndak ?

Unknown mengatakan...

buat es jadi gimana
kalo dingin
???????????????????????

Unknown mengatakan...

buat es jadi gimana
kalo dingin
???????????????????????

Septa mengatakan...

Saya baru nyoba... Pke botol uc 1000 trus disi air...

Tp naikny dikit banget kisar cuma 4mm...

Itu kenapa ya?

Posting Komentar