Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan...._Aristoteles, So biasakanlah selalu berfikir positif dan memetik hikmah dari setiap permasalahan ...Because Energi di dalam pikiran adalah esensi dari kehidupan ^_^ ^_^

Sabtu, 04 Mei 2013

Aliran Udara


Aliran Udara
A.  Tujuan
Mengetahui apakah tiupan udara akan selalu membuat benda melengkung membesar atau sebaliknya.

B.  Dasar Teori
            Pada zat gas, jaraka antara partikel sangat berjauhan sehingga gaya tarik menarik–menarikantar partikel sangat lemah. Partikel-partikel ini bergerak sangat bebas dan cepat dalam wadahnya. Hal ini menyebabkan zat gas tidak dapat mempertahankanbentuk dan volumenya, sehingga bentuk volume zat gas selalu berubah mengikuti ruang yang di tempatinya. Diantara partikel-pertikel yang sejenis dan yang tidak sejenis dapat terjadi gaya tarik menarik antar partikel. Gaya tarik menarik antar partikel di namakan kohesi, sedang tarik menarik antar pertikel yang tidak sejenis dinamakan adhesi.



C.  Alat Dan Bahan
1.    Dua buku yang sama besar / benda lain yang berukuran sama
2.     Selembar kertas
3.    Sedotan

D.  Langkah Kerja
1.    Meletakkan selembar kertasdiantara dua buah bukusehingga menyerupai sebuah jembatan
2.    Memastikan bentuk kertasnya tidak melengkung
3.    Kemudian dengan menggunakan sedotan, meniup bagian bawah kertas yang berada di antara dua buku, lalu memperhatikan apa yang terjadi dengan kertasnyanya. Jelaskan secara fisikanya.

E.  Pembahasan
Percobaan kali bertujuan mengetahui apakah tiupan udara akan selalu membuat benda melengkung membesar atau sebaliknya. Langkah awal yang kami lakukan ialah meletakkan selembar kertas diantara dua buah buku sehingga menyerupai sebuah jembatan, memastikan bentuk kertas melengkung. Kemudian dengan menggunakan sedotan, meniup bagian bawah kertas yang berada diantara dua buku, lalu memperhatikan apa yang terjadi dengan kertasnya. Setelah melakukan pengamatan diperoleh hasil bahwa ketika kami meniup bagian bawah kertas, kami melihat kertas akan melengkung kedalam mendekati sedotan. Tidak terbang atau tertiup keluar. Ketika meniup sedotan, membuat tekanan udara dibawah kertas menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan tekanan udara diatas kertas. Sehingga tekanan udara diatas kertas akan menekan kertas kebawah, dan bentuk kertas akan melengkung mendekati sedotan dan tidak terbang keatas.


F.   Kesimpulan
1.    Tidak selalu tiupan udara akan selalu membuat benda melengkung membesar.
2.    Dalam percobaan Ketika meniup sedotan, membuat tekanan udara dibawah kertas menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan tekanan udara diatas kertas. Sehingga tekanan udara diatas kertas akan menekan kertas kebawah, dan bentuk kertas akan melengkung mendekati sedotan dan tidak terbang keatas.

0 komentar:

Posting Komentar