Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan...._Aristoteles, So biasakanlah selalu berfikir positif dan memetik hikmah dari setiap permasalahan ...Because Energi di dalam pikiran adalah esensi dari kehidupan ^_^ ^_^

Sabtu, 04 Mei 2013

Membakar Gelas Plastik


Membakar Gelas Plastik
A.  Tujuan
Mengetahui cara gelas plastik agar tidak terbakar

B.  Dasar Teori
Pada saat kita memanaskan langsung gelas berisi air mineral (seperti memasak dengan panci). Kalor mengalir dari sumber panas melintasi permukaan gelas dan diteruskan ke air. Namun, bukannya gelas meleleh karena panas yang ditimbulkan, justru air yang malah menjadi panas. Lalu kenapa hal ini terjadi? Dalam kasus gelas plastik kosong, panas yang diberikan akan langsung melelehkanya jika suhunya melebihi ambang tiitk leleh plastik. Namun ketika dalam gelas diisi air, kalor yang seharusnya melelehkan plastik dihantarkan ke air. Secara skematis, alur penghantaran panas.
Seperti pada gambar di bawah ini :




Kalor dihantarkan oleh permukaan gelas ke air, dan kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. Karena kalor jenis air tinggi, waktu yang dibutuhkan untuk memanskan sampai suhu yang mampu melelehkan plastik cukup lama,akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh.


A.  Alat dan Bahan
1.              Air mineral
2.              Gelas plastik
3.              Korek api
4.              Lilin



B.  Langkah Percobaan
1.             Mengisi gelas plastik dengan air
2.             Menyalakan lilin
3.             Meletakkan gelas plastik tepat diatas lilin yang telah di nyalakan
4.             Mengamati apa yang terjadi pada gelas plastik dan mencatat hasilnya

C.  Data Pengamatan
Gelas plastik tidak meleleh

D.  Pembahasan
Pada saat gelas plastic diisi dengan air dan kemudian di letakkan di atas lilin yang telah dinyalakan, yang terjadi yaitu gelas yang terisi air tidak meleleh, hal tersebut di karenakan kalor yang seharusnya melelehkan plastik dihantarkan ke air,  kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. Karena kalor jenis air tinggi, waktu yang dibutuhkan untuk memanskan sampai suhu yang mampu melelehkan plastik cukup lama, akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh.
Kemudian percobaan yang kedua menggunakan gelas plastic tanpa diisi air. Saat gelas plastic kosong diletakkan diatas lilin yang menyala yang terjadi yaitu gelas tersebut meleleh, hal ini disebabkan kalor tidak dapat berpindah ke zat lain.

E.  Kesimpulan
Gelas plastik tidak meleleh ini dikarenakan oleh kalor yang seharusnya melelehkan gelas tersebut di hantarkan ke air sehingga gelas tersebut tidak meleleh.
Kalor dihantarkan oleh permukaan gelas ke air, dan kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. Karena kalor jenis air tinggi, waktu yang dibutuhkan untuk memanskan sampai suhu yang mampu melelehkan plastik cukup lama, akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh.

4 komentar:

Posting Komentar