Kualitas bukanlah tindakan, tapi kebiasaan...._Aristoteles, So biasakanlah selalu berfikir positif dan memetik hikmah dari setiap permasalahan ...Because Energi di dalam pikiran adalah esensi dari kehidupan ^_^ ^_^

Jumat, 05 April 2013

Andaikan Aku Jadi Guru Fisika ^_^


Menjadi seorang guru itu bisa dibilang susah-susah gampang. Harus bisa mengontrol emosi di kala siswa-siswanya tidak mau mendengarkan. Harus bisa mengajar, mendidk, dan membimbing siswanya jikalau dia salah jalan. Apalagi menjadi seorang guru Fisika yang pelajarannya bersahabat dengan pelajaran Matematika, Kimia, dan Biologi. Penuh rumus-rumus, perhitungan, dan fenomena-fenomena yang terjadi di sekitar kita. Fisika dianggap sebagai momok yang sangat menakutkan bagi sebagian pelajar, apalagi jika ditambah guru yang mengajar terkenal “killer”. Itulah sebabnya menjadi seorang guru harus mempunyai keteguhan hati dan iman yang kuat.

Nah, seandainya saya berprofesi sebagai seorang guru apalagi guru Fisika, maka saya akan membuat siswa-siswa yang saya ajar mencintai pelajaran Fisika, ya meskipun hanya sekedar menyukai, paling tidak pelajaran Fisika bukan lagi hal yang menakutkan bagi siswa saya.
a) Sebisa mungkin saya berusaha tidak memarahi siswa saya yang salah jalan meskipun di dalam hati jengkelnya luar biasa dan selalu tersenyum, bukan berarti gila.
b) Pelajaran Fisika yang saya ajar tidak berkutat hanya di dalam ruang kelas, tapi bisa dilakukan di alam terbuka, paling tidak halaman sekolah.
c) Cara saya mengajar tidak dengan berceramah di depan kelas sementara siswanya melongo tidak mengerti atau mencatat kembali apa yang ada di buku ke papan tulis sementara siswanya kecapean menulis kembali ke buku catatan dan tidak mengerti dengan apa yang dicatat, cara mengajar saya lebih kepada tanya jawab, berdiskusi, setelah teori melakukan prakteknya agar lebih memahami pembelajaran.
d) Berusaha membuat siswa saya menjadi orang yang lebih percaya diri dan penuh keberanian dengan memberikan nasihat-nasihat tersirat di sela-sela pembelajaran.
Dengan cara-cara di atas diharapkan siswa yang saya ajar (seandainya saya guru Fisika) menyukai bahkan mencintai pelajaran Fisika.

:):):):)

0 komentar:

Posting Komentar